5 Executive Musholla Mall di Kota Surabaya

Mall masih menjadi salah satu tempat jujugan jika kita ingin melepas penat di akhir pekan setelah bekerja selama 5 hari dalam seminggu (saya sih 5 hari kerja, gak tau lagi kalo Pakde Bambang) atau jika hendak makan siang bersama kawan sekantor atau makan malam bersama keluarga tercinta.

Selain beragam tempat makan, toko baju, toko mainan dan tempat hiburan yang menjadi salah satu faktor pengunjung untuk berkunjung ke Mall tersebut, juga karena adanya beragam fasilitas yang disediakan. Mulai dari toilet yang bersih (gratis tentu saja), nursing room, dan tak kalah wajib adalah musholla/masjid dalam Mall.

Bagi saya musholla di dalam mall sangatlah penting, mengingat banyak juga masyarakat yang beragama Islam yang juga sering berkunjung ke Mall. Musholla ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Muslim untuk menjalankan ibadah salat 5 waktu.

Dari beberapa mall yang sering saya kunjungi, ada beberapa mal yang memiliki executive musholla yang patut menjadi perhatian karena memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi untuk beribadah. Berikut daftarnya.

  1. Executive Musholla Grand City Mall
    Executive Musholla satu ini yang menurut saya pertama kali ada di Mall. Sebab sebelum ada musholla ini, musholla mall lain pasti terletak di parkiran mobil. Musholla yang terletak di Lantai 2 ini menjadi perhatian utama para pengunjung mall Grand City karena baru kali ini ada musholla mall sebagus ini. Karena itu executive musholla ini mendapatkan penghargaan Musholla paling representatif tahun 2011 oleh ICMI atau Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Jawa Timur.
Executive Musholla Grand City Mall Surabaya (sumber foto)

Masjid Al Hijrah Royal Plaza
Sebelum ada Masjid Al Hijrah ini, para pengunjung Royal Plaza Surabaya harus antri ketika hendak menjalankan ibadah salat karena tempatnya yang kecil dan nyempil bersebelahan dengan toilet sehingga harus bergantian. Meskipun Masjid ini terletak di parkiran mobil P8, namun masjid ini begitu luas, sehingga bisa digunakan juga untuk salat Jumat dan juga salat Tarawih padan bulan Puasa. Masjid ini dilengkapi dengan AC, karpet, dan perlengkapan salat seperti sarung dan mukena sehingga membuat nyaman para pengunjung ketika beribadah.

Masjid Al-Hijrah Royal Plaza Surabaya (sumber foto)

Masjid AT-Tawwabun Tunjungan Plaza
Masjid ini resmi dibuka pada tanggal 22 Mei 2017 dengan luas kurang lebih 750 meter persegi yang terletak di Urban Muslim Center/TAJ di Tunjungan Plaza 2 lantai 3. Selain kenyamanan yang ditawarkan, Masjid ini juga menyediakan rak sepatu agar tidak berantakan dan petugas yang siap membantu untuk menitipkan barang di loker. Tersedia juga air minum bagi para pengunjung. Tempat salat pun dibagi dua untuk jamaah pria dan wanita dengan adanya sekat penutup. Sekat ini bisa dibuka seluruhnya sehingga bisa digunakan untuk salat Jumat.

Masjid AT-Tawwabun Tunjungan Plaza 2 Lantai 3 (sumber foto)

Masjid Al Ittihad Pakuwon Mall
Masjid seluas 1200M² ini dibuka oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini pada tanggal 31 Januari 2019. Masjid ini mampu menampung sekitar 1000 Jamaah. Selain fasilitas loker, perlengkapan salat, masjid ini juga memiliki fasilitas yang belum dimiliki executive musholla lain yaitu perpustakaan.

Masjid Al Ittihad Pakuwon Mall Surabaya (sumber foto)

Musholla Ciputra World
Meskipun tidak terlalu luas, namun menariknya musholla ini terpisah untuk pria dan wanita. Bukan disekat, namun memang benar-benar beda ruangan. Selain itu, musholla juga dilengkapi dengan loker dan rak sepatu serta perlengkapan salat. Lokasi yang bersebelahan dengan bioskop, membuat para pengunjung bioskop bisa menjalankan ibadah sembari menunggu studio dibuka.

Musholla Ciputra World Surabaya bagian pria. Nanti kalo ada foto lain, diupdate deh. (sumber foto)

Mungkin di mall-mall Kota Surabaya lainnya masih ada yang lebih bagus, tapi belum saya kunjungi. Nanti kalo udah nemu, ditambahin lagi deh, bukan 5 lagi, tapi bisa 6, 7, dan seterusnya.

Tergantung kerjaan. hehehehe.

2 Replies to “5 Executive Musholla Mall di Kota Surabaya”

  1. mall-mall surabaya sekarang keren2 ada mushola yg bagus2
    jadi bisa fokus belanja dan ibadah wkwkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.