5 Tahun pertama untuk seterusnya

Sudah 5 tahun lamanya komunitas Save Street Child Surabaya atau dikenal dengan SSCS ini berdiri. Save Street Child Surabaya adalah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan untuk anak-anak jalanan dan anak-anak marjinal yang mereka sebut dengan Anak Merdeka. Komunitas yang berdiri pada tanggal 5 Juni 2011 berawal dari 7 orang yang memiliki visi yang sama untuk membantu adik-adik anak jalanan ini agar bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

5 Tahun bukanlah waktu yang pendek bagi komunitas, tetapi merupakan waktu yang sangat amat panjang untuk terus belajar peduli, menghargai orang lain tanpa terkecuali. Sebuah prestasi yang membanggakan yang bisa dicapai bagi komunitas yang hingga saat ini terus eksis.

Seiring waktu berjalan, SSCS mulai menampakkan dirinya bukan lagi sebagai sebuah komunitas, tetapi sebagai sebuah keluarga yang riuh ramai layaknya berada di dalam rumah. Ada canda tawa, sedih, kecewa, konflik antar anggota karena berbeda pendapat, ada yang percaya diri, ada yang optimis, ada yang pesimis, ada yang jadian ada yang suka marah, ada yang pendiam, bijaksana dan masih banyak yang lainnya.

Di usia 5 tahun ini, sudah saat bertanya dan berkaca pada diri sendiri, apakah yang sudah kita lakukan dan kita berikan kepada komunitas ini sudah cukup demi kelangsungan komunitas ini? apakah kita mau menyumbangkan keahlian kita demi kemajuan komunitas? bagaimana cara kita untuk bisa me-regenerasi agar komunitas ini terus tumbuh?

Komunitas adalah tubuh. Anggota yang berada di dalamnya adalah bagian dari tubuh tersebut. Ada yang berfungsi sebagai tangan, kaki, mata dan kepala. Tanpa salah satu dari bagian tersebut, maka tubuh tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya, tidak tersinkronisasi dengan baik. Maka dari itu untuk menjalankannya harus ada kerjasama yang baik, karena semua memiliki peran yang sama pentingnya. Tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk daripada yang lain, karena kita semua sama.

Walaupun saya sendiri kadang juga merasa malu apabila belum bisa menyumbangkan kontribusi lebih untuk komunitas ini. Jika dibandingkan dengan teman-teman lain yang mampu untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran mereka, saya tidak ada apa-apanya. Teman-teman yang lain bisa bertahan dari pagi hingga bertemu pagi lagi. Mereka hebat, luar biasa!

Selamat merayakan ulang tahun yang ke 5 untuk teman-teman Save Street Child Surabaya, Semoga kita bisa terus rendah hati untuk bisa terus memiliki semangat berbagi.

 

 

 

 

nb: maaf kalau tulisannya jelek, karena tinta sudah habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *