Android, gadget fenomenal.

Sebelumnya, saya yakin pasti temen-temen udah pada pernah denger tentang Android baik dari temen atau dari media,tapi saya yakin masih banyak juga temen-temen yang nggak tau bin gak ngerti, ANDROID itu sebenernya “makhluk” apa sih kok bisa sampe rame gitu?

emang apa hebatnya ANDROID kok bisa sampe laku banget? kenapa bisa begitu?

Naah, abis pinjem androidnya temen, disini saya bakal ngejelasin sedikit mengenai jawaban dari pertanyaan diatas, ya kali aja abis dijelasin bisa tambah ngerti yak..

 

Android Official Logo

Android Official Logo

 

Sebenernya Apa Sih ANDROID Itu?

Dari hasil tanya jawab sama Om Wiki, Android merupakan sistem operasi mobile terbaru dengan menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux. Pada awalnya sistem operasi mobile ini dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google, dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Alliance.

Lalu, apa sih yang menjadi kehebatan dari sistem operasi mobile ini..? Berdasarkan pengertian tentang Android, maka kemampuan software berbasis kode computer mampu di distribusikan secara terbuka (open source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, terdapat Android Market yang menyediakan ribuan aplikasi baik yg gratis maupun berbayar, serta memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti push email GMail, Google Maps, dan Google Calendar.Atau bisa kita sebut disini kita bisa bebas otak atik source code atau membuat aplikasi sendiri, istilah kerennya, di Android kita bisa lebih bebas berekspresi dengan gaya semau kita.

Apa Saja Keunggulan ANDROID? 

  1. Multitasking – Yups, disini kita bisa buka beberapa macam aplikasi sekaligus tanpa batas. Contohnya kita bisa facebook-an,ato browsing sambil dengerin lagu.
  2. Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS,Email atau bahkan Iklan yang baru muncul,bakalan setia setiap saat muncul pemberitahuan di home screen HP Android kita.
  3. Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Disini the most important thing is, , , Aplikasi Android banyak yang Gretongannya Lhow,alias GRATISSS !! buat apa punya Hp canggih2 tp kalo gak di utak-atik kan? naah, ,disini disediakan berbagai macam aplikasi yang kita butuhkan.
  4. Pilihan Ponsel yang beranekaragam – BT gak sich klo mau nyobain iOS aja harus beli iPhone? naah agan gak akan BT lagi kalo ketemu android, soalnya si android ini fleksibel, dia bakal tersedia di berbagai merk hp lainnya.
  5. Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – sesuai judulnya open source kita bisa bebas rubah tampilan yang ada. BEBAS! terserah kita mao diapain aja.
  6. Widget – Yups,dengan adanya Widget di homescreen,kita bisa gampang banget akses macem-macem settingan dengan cepat dan mudah.
  7. Google Maniak – Buat yang sering2 banget nanya si om google ini? Wuiih pas banget dech klo pake Android,semuanya bakalan lebih dipermudah lagi kalo kita pake Android.
  8. Didukung penuh google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.
  9. Stabil dan nggak mudah error atau hang.
  10. Aman dari virus karena berbasis Linux (kernel 2.6).
  11. Aplikasi game 3D-nya sangat stabil dan mantap.
  12. Konektivitas lengkap,Bluetooth, Wifi, GPS.
  13. Layar sentuh bagus,pake tangan aja juga udah cukup,gak perlu ribet2 pake stylus lagi.
  14. Untuk saat ini Harganya relatif murah.

Ya namanya juga device buatan manusia, dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan. Android pun begitu. beberapa kekurangan android hasil nanya sama mbahnya langsung.. :

  • sinkronisasi data dan email akan berlangsung di belakang sistem, maka pulsa kita akan terkuras secara otomatis tanpa terasa,tapi tenang klo internetnya kita matiin pulsa kita gak akan berkurang kok.
  • Tidak semua perangkat yang masuk ke Indonesia disokong penuh oleh Google, jadi tidak semua akan support Push Mail dan sinkronisasi data dengan akun Google, juga hilangnya Android Market dari sistem menu. 3. Akses data tidak dibatasi dan tidak memiliki kompresi, sehingga bisa jadi akan merugikan ketika kita salah dalam mendownload file yang besar.

Untuk yang baru pertama pake Android dijamin pasti bakalan bingung karena saking canggihnya.

Aplikasi ANDROID.

Kalo temen-temen baru pertama kali pake ponsel Android, berikut ini adalah beberapa Aplikasi Terbaik yang Wajib ada di Ponsel Android kamu.

  • Facebook for Android – Aplikasi wajib terutama bila agan sering banget mengakses Facebook. Dengan Facebook for Android di Handphone Android agan, agan bisa upload photo, kasih komentar sampai nulis status dengan mudah.
  • Opera Mini 5 – Browser handal yang akan memudahkan kamu untuk surfing atau menjelajah dunia maya
  • Dolphin Browser – Kalau kamu kurang puas dengan Opera Mini, Dolphin Browser bisa menjadi pilihan yang terbaik
  • ES File Explorer – Akses mudah file-file di Handphone Android kamu.
  • Doc to Go – Mengedit, membuat Dokumen Word, Excel, sampai membuat Presentasi dan Membuka File PDF di ponsel Android
  • Handcent SMS – Tampilan SMS yang sangat cantik dan menarik
  • Meebo IM – Aplikasi Chatting multi Platform, Yahoo Messenger, Gtak, MSN sampai ICQ dalam satu aplikasi. Tanpa perlu registrasi, seperti halnya aplikasi lainya, tinggal masukan Id YM kamu dan kamu bisa langsung chatting
  • Tweetcaster– Aplikasi Twitter untuk ponsel Android kamu

Grafik Perkembangan ANDROID

Grafik Perkembangan Android di Amerika.

Grafik Perkembangan Android di Amerika.

Walaupun datanya diambil dengan menggunakan sample di Amerika, cukup menarik untuk dilihat bahwa Google Android dengan cepat menanjak persentasenya, hingga bersaing ketat dengan Microsoft Mobile. Jelas hal ini yang membuat orang2 Microsoft menjadi kalang kabut menghadapi Google Android. Beberapa orang bahkan meramalkan kedepannya, hanya Research in Motion, Apple, dan Google yang berada di posisi 3 teratas.

Dengan eskpos yang tinggi dari media mengenai perkembangan Google Android tentu sangat membantu dalam menggaet minat para developer dan pengguna gadget mobile. Mungkin untuk di Indonesia saat ini tidaklah sepopuler di Amerika untuk Google Android, tapi dari tren gadget handphone yang beredar saat ini sangat jelas terlihat bahwa semakin banyak vendor-vendor handphone yang memasang sistem operasi Android di handset mereka. Contohnya saja seperti Samsung Galaxy dan Sony Experia,bahkan kabarnya vendor handphone lokal juga akan banyak yang mengadaptasi sistem operasi Android ini.

Untuk para developer mobile,ini tentu merupakan pangsa pasar baru yang cukup menjanjikan untuk digeluti, ditambah pula belum banyaknya developer Android lokal di Indonesia. Dan lagi,Android terintegrasi penuh dengan teknologi Google sehingga developer dapat menggunakan teknologi seperti Google Maps, Google Search, Google Latitude, dan lain-lain dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.