Asyiknya menikmati Tokyo Bowl ala Hokben

Hokben atau orang lebih dulu mengenalnya dengan nama Hoka-Hoka Bento, sebuah jaringan waralaba restoran cepat saji yang menyajikan makanan Jepang. Dulu, pertama kali kenal Hokben (atau dulu masih bernama Hoka-hoka Bento) saya mengiranya itu adalah restoran asli dari Jepang. Lah, ngeliat nama makanannya aja udah jepang banget kan ya. Eh, ternyata 100% milik orang Indonesia…hehehe.

Sejarah berdirinya Hokben

Hokben didirikan pertama kali pada tanggal 18 April 1985 oleh Pak Hendra Arifin sebagai pemilik PT. Bogainti. Pada awalnya Pak Hendra ini tertarik mengembangkan restoran bergaya Jepang karena belum ada konsep ala Jepang ini belum ada di Indonesia. Setelah melakukan riset dan studi banding langsung ke Jepang, berdirilah restoran hokben yang pertama, yaitu di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Dengan konsep bergaya Jepang dengan menu yang variatif, higienis, cepat saji dan harga yang relatif terjangkau membuat restoran Hokben terus berkembang pesat hingga sekarang. Mulai pada tahun 1990, Hokben mulai berekspansi ke luar Jakarta, di Bandung tepatnya. Hingga masuk ke kota Surabaya pada tahun 2005.

Meskipun Hokben ini termasuk restoran cepat saji, tetapi gaya penyajiannya berbeda dengan restoran cepat saji pada umumnya. Mengacu pada budaya di Indonesia, Hokben mengambil bentuk cepat saji dengan gaya buffet kafetaria. Pelanggan akan diminta bergerak sepanjang buffet sambil memilih makanan, tentu saja ditemani oleh pelayan Hokben.

Menu hokben adalah menu masakan Jepang yang populer, seperti yakiniku, teriyaki, chicken katsu, dan masih banyak yang lainnya karena saya enggak hafal…hehehe.

Berbagai menu Hokben sangat variatif dan berkembang hingga saat ini. Salah satunya adalah Tokyo Bowl.

Tokyo Bowl merupakan varian menu baru dari Hokben. Nah, pada hari Sabtu (29/7) kemarin, saya berkesempatan untuk mencicipi menu baru tersebut. Gak kebayang senangnya saya…hehehe. Bersama manteman Blogger, saya mencicipi Tokyo Bowl di Hokben Polisi istimewa. Ternyata juga hadir mbak Irma Wulansari, selaku Communication Dept. Head untuk menjelaskan lebih jauh tentang sejarah mengapa Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben (bukan sejarah kenapa Naruto sudah punya anak) dan bercerita tentang menu Tokyo bowl ini.

Jadi, kenapa yang dulunya bernama Hoka-Hoka Bento yang berarti “Makanan hangat dalam boks” menjadi Hokben, itu karena awareness masyarakat terhadap restoran ini sangat tinggi, sehingga ketika masyarakat ingin pergi atau memesan makanan Hokben, maka masyarakat menyingkat nama Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben agar mereka mudah untuk mengingat nama itu. Begitu juga dengan manajemen PT. Eka Bogainti selaku pemilik restoran dan merek tersebut, turut mengiyakan singkatan yang dibuat oleh masyarakat. Selain itu, juga adanya keinginan dari manajemen untuk meremajakan branding Hokben dengan merubah logo Hoka-Hoka Bento yaitu Taro dan Hanako, yang semula seluruh badan menjadi menampilkan wajah, sehingga terlihat lebih remaja dan gaul *halah*.

Logo Hoka Hoka Bento (18 April 1985-14 Oktober 2013)

Logo HokBen (15 Oktober 2013-sekarang)

Kembali ke Tokyo Bowl. Tokyo Bowl terdiri dari 5 macam menu varian berbeda. Tentu saja, dari 5 macam menu tersebut, pilihan utamanya hanya dua, yaitu daging ayam atau daging sapi. Kalau daging ayam, ada 4 menu tokyo bowl, kalau daging sapi hanya ada 1 menu…hehehe.

  • Chicken SteakMenu ini merupakan menu Tokyo Bowl yang paling populer. Menu ini berisikan Ayam (tentu saja dan pastinya tanpa tulang), Nasi khas Hokben, saus teriyaki yang dipadu dengan taburan wijen diatasnya. Nah, khusus chicken steak, ada dua pilihan yaitu Original dan Hot. Bedanya, untuk yang original diberi taburan wijen, sedangkan yang Hot tidak diberi taburan wijen. Tetapi keduanya diberi potongan daun bawang dan rumput laut (Nori).
  • Chicken Katsu TareAyam kembali mengisi mangkuk Tokyo Bowl ini. Berisikan Nasi khas Hokben, Ayam tanpa lemak dan siraman saus tare khas Hokben. Tentu saja juga potongan daun bawang dan Nori.
    • Chicken Karaage MayoPotongan ayam kembali lagi mengisi mangkuk yang ditemani nasi khas Hokben, siraman Mayonaise yang manis dan gurih, dan tentu saja potongan daun bawang dan Nori.
    • Tori SoboroRasanya tak ada habisnya jika menikmati ayam di Hokben. Daging ayam kembali menemani penikmat masakan Hokben. Kali ini berbeda, ayam yang dicincang dengan saus teriyaki begitu menggoda lidah yang ditemani pula oleh potongan daun bawang dan Nori. Tak lupa pula kremesan menjadi teman kriuk yang nikmat.
    • Gyu SoboroHingga pada akhirnya, daging sapi pun turut serta dalam menu Tokyo Bowl ini. Daging sapi yang dicincang halus serta saus teriyaki yang juga disiram di saudaranya yaitu Tori Soboro serta cincangan halus daun bawang dan Nori bisa membuat lidah cukup merasakan kebahagiaan.

    Oh iya, semua menu tokyo bowl free Ocha lho. Dan boleh refill…hehehe.

    Sekilas tentang Hokben Polisi Istimewa, Surabaya

    Hokben Polis (singkatan dari Polisi Istimewa) ini baru saja selesai renovasi bulan Mei kemarin. Terlihat dari tampilannya yang baru dan juga halaman parkir yang luas. Dengan fitur drive thru dan musholla, sehingga membuat customer merasa nyaman. Selain itu juga ada akses wifi berkecepatan tinggi yang bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet atau jika sedang nongkrong asik bersama manteman lainnya.

    Nah, jika manteman ingin mengadakan meeting, reuni, arisan atau kumpul keluarga, bisa juga menggunakan meeting room yang sudah tersedia. Syaratnya mudah, cukup membeli paket seharga 31.000 dengan minimal peserta 20 orang, kita sudah bisa menggunakan ruangan tersebut dan sudah termasuk sound system dan projector jika akan digunakan.

    Lomba seru berhadiah jalan-jalan ke Jepang!

    From Tokyo Bowl to Tokyo Tower

    Selain menu baru Tokyo Bowl, Hokben juga mengadakan kompetisi seru buat kamu yang suka narsis di media sosial. Kompetisi yang bertajuk “from Tokyo Bowl to Tokyo Tower!”, Cara Enak Buat ke Tokyo! berhadiah total 10 (sepuluh) Tiket Jakarta – Tokyo p.p untuk 5 (lima) orang pemenang yang beruntung.

    Caranya sangat mudah, cukup membeli Hokben Tokyo Bowl, terus manteman bisa upload foto/video ekspresi yang kreatif saat menikmati Hokben Tokyo Bowl dan disertai struk pembelian. Jangan lupa, mention temannya yang mau diajak ke Tokyo. Pakai caption yang kreatif, kalo perlu juga pake cosplay biar kesempatan menang lebih besar….hahaha. Eh iya, jangan lupa hashtag #Hokben #Hokbentokyobowl.

    Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 31 Juli hingga 31 Oktober 2017. 5 pemenang bakal mendapatkan 2 tiket liburan ke Jepang. Satu buat kamu dan satunya lagi buat teman yang kamu ajak.

    HokBen Polisi Istimewa

    [googlemaps https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d15830.5671111862!2d112.7411661!3d-7.281537!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x0%3A0x4c23581d331a1bc5!2sHokBen+Polisi+Istimewa!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1501955304818&w=400&h=300]

    Jalan Polisi Istimewa No. 23-25, Keputran, Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264

    Telepon: (031) 5619980

    11 comments

    1. Dulu tuh aq kira hokben itu dari jepang, mangkanya gak pernah makan disana karena takut rasanya gak sesuai lidah wong ndeso kayak saya. Gak taunya itu punya orang Indonesia dan cita rasanya khas Indonesia. Sekarang jadi ketagihan pengen kesana terus

    2. PotretBikers says:

      Wich…keren, bakalan menang ini artikelnya…👍👌😎😁

      __________
      Don’t forget klik 👉👉 http//potretbikers.com

    3. Saya penggemar Hokben juga dan hampir semua menu di sini udah pernah saya coba. Tapi makan hokben berhadiah ke tokyo saya baru tahu nih. Makasi ya, Mas Dito, udah berbagi informasinya. Segera meluncur ke Hokben nih.

    4. Farida Pane says:

      Belum coba yang ini. Kayaknya enak ya?

    5. Ica Annajmi says:

      Duh saya jadi ingin makan HokBen mas, tapi di Pekanbaru nggak ada outlet Hokben. Baru bisa beli Hokben kalo memang lagi jalan ke Tanah Jawa. Semoga HokBen segera buka cabang di Pekanbaru. hihi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *