Mengenal Papertoys / Papercraft

Sudah pernah dengar istilah paper toys? Apa yang ada dalam pikiran kamu saat mendengar kata paper toys? Yeah, pastinya imajinasi kita akan digiring ke sebuah gambaran tentang mainan-mainan lucu yang terbuat dari kertas. Tapi jangan salah, mainan dari kertas ini tak hanya berupa bentuk-bentuk sederhana dengan bentuk tiga dimensi standar seperti kubus ataupun prisma. Saking detil dan njelimet-nya, paper toys bisa berupa vespa lengkap dengan helm dan pengendaranya serta berbagai bentuk robot dalam film GUNDAM.

Sejarah Papertoys

Model-model kertas ini berkembang semenjak perang dunia ke-2, dimana banyak orang membuat berbagai model peralatan perang seperti pesawat, tank, dan kapal tempur dengan bahan kertas.

Pada tahun 1990-an model kertas mulai masuk ke Indonesia, pada awalnya sebagai bonus pada majalah Angkasa, Bobo, dan lain-lain.

Booming papermodel sendiri mulai terasa sejak tahun 2000-an dimana template model kertas mulai dibagikan gratis melalui internet, hingga kini hampir 80% template model kertas dapat diperoleh secara gratis di website-website papercraft.

Kategori Papertoys

Meski sampai detik ini belum ada pengkategorian yang baku mengenai papercraft sendiri, dalam hal ini setidaknya ada 4 kategori yang termasuk ke dalam papercraft, yaitu :

  1. Pepakura : pengucapan kata papercraft dalam bahasa Jepang, pepakura sendiri dikategorikan sebagai as cute as possible model, kebanyakan menggunakan model-model anime atau karakter dari komik Jepang.
  2. Papertoy : memiliki bentuk model yang simple namun sangat menonjolkan design skin/texture pada model itu sendiri, dapat dikategorikan juga sebagai urban art/pop art, kunci dari papertoy adalah as simple as possible, as beautiful as possible. Meski skin yang digunakan kebanyakan bertema urban atau pop art, tetapi ada pula papertoy yang mengambil skin anime atau cartoon yang dibuat lebih simple dan cute.
  3. Paper Automata : paper automata adalah salah satu kategori papercraft dimana model yang digunakan dapat bergerak dengan konstruksi mekanik yang juga terbuat dari kertas, dideskripsikan dengan as moveable as possible.
  4. Papermodel : atau dikenal juga dengan Paper-Replika, adalah model kertas yang merupakan replika dari benda asli, umumnya memiliki tingkat detail yang tinggi dan tingkat kerumitan yang juga tinggi, dideskripsikan dengan as “not” simple as possible, umumnya berbentuk perangkat militer, kendaraan, robot-robot dari anime/film, dll.

mengapa origami tidak dikategorikan sebagai papercraft? Sebenarnya origami pun bisa dikategorikan sebagai papercraft, tetapi yang dibahas disini adalah 3D papercraft, maka origami yang merupakan papercraft 2D/semi-3D tidak dimasukkan.

Peralatan / Tools 

Peralatan pertama yang harus ada untuk membuat paper toys tentu saja adalah kertas. Untuk menciptakan atau mengkreasikan bentuk-bentuk mainan, kertas yang digunakan bisa dari bermacam jenis. Bahkan, untuk belajar dan melatih kerajinan tangan, kertas tipis HVS biasa sudah bisa dijadikan media. Namun, jika kamu ingin paper toys milikmu lebih awet dan tampak lebih menawan, biasanya kertas yang digunakan adalah kertas AP 245 gram atau kertas glossy yang biasa dipakai untuk mencetak foto. Dengan ketebalan kertas seperti ini, paper toys kita tidak akan mudah penyok dan tampak lebih hidup dengan kesan mengkilapnya.

Perlengkapan tambahan untuk membuat paper toys tak jauh beda dengan perlengkapan-perlengkapan yang dipakai saat kita membuat kerajinan tangan. Gunting atau cutter, penggaris, dan lem merupakan barang yang wajib ada. Pelengkap yang lain adalah printer untuk mencetak pola mainan yang akan kita bentuk.

Paper toys dibentuk dari beberapa pola yang kemudian disambung menjadi satu. Ilmu dasar yang digunakan sebenarnya adalah pola-pola bangun ruang sederhana seperti balok, limas, lingkaran, ataupun prisma yang kemudian akan semakin rumit seiring berkembangnya kreativitas sang pencipta paper toys.

Dalam membuat sebuah model papercraft, tentunya ada alat-alat pendukung yang dapat digunakan.

  1. Kertas : pilihlah kertas dengan ketebalan >100 gsm, dalam hal ini bisa menggunakan kertas inkjet, kertas briefcard, dan lain-lain.
  2. Cutter : cutter sebagai alat pemotong kertas memiliki presisi lebih baik dibandingkan dengan gunting.
  3. Lem : gunakan lem kertas seperti lem Fox atau UHU, jangan gunakan lem kertas yang seperti nasi, karena cepat kotor dan daya rekatnya lebih rendah.
  4. Gunting : gunakan gunting sebagai alat pemotong apabila anda tidak terbiasa menggunakan cutter, sayangnya gunting memiliki tingkat presisi yang lebih rendah dibandingkan cutter dalam hal memotong parts berukuran kecil.
  5. Cutter Pen : cutter pen adalah cutter yang berbentuk seperti pena, memiliki single blade dan memiliki tingkat presisi tertinggi dibandingkan gunting dan cutter biasa.
  6. Cutting Mat : alas potong berbahan karet, jauh lebih nyaman dibanding menggunakan kaca/keramik sebagai alas potong, karena kaca/keramik dapat membuat mata cutter menjadi cepat tumpul.
  7. Penggaris : gunakan penggaris besi untuk membantu saat memotong pola.
  8. Lainnya : adapun alat-alat lain yang dapat membantu dalam pembuatan sebuah model 3D papercraft adalah pinset, tweezer, spidol, tusuk gigi, dan lain-lain.

Yang unik dari papercraft

Dan yang lebih menarik, kerajinan tangan yang satu ini sudah mulai tenar sekarang ini. Di internet pun kita bisa dengan mudah menemukan kelompok pecinta paper toys, mulai dari yang hanya sekedar suka, hobi, sampai yang menjadikan paper toys sebagai sumber penghasilannya. Memang, dengan desain menarik dan bentuk menawan, ditambah dengan tingkat kerumitan yang semakin meninggi, harga paper toys pun bisa amat melambung.

Bayangkan saja, hanya dengan bermodalkan kertas saja, satu paper toys sederhana yang tak terlalu rumit bisa dihargai antara Rp25-30 ribu rupiah. Apalagi jika mainan dari kertas itu sudah begitu mendetil dan amat mirip seperti robot Gundam dan seperangkat senjatanya, bisa sampai ratusan ribu. Jadi, apakah kamu tertarik membuatnya?

Dan jika kamu berminat untuk membuatnya, disini ada link link papertoys karya anak bangsa sendiri loohh..

dan ini satu lagi contoh papercraft karya anak bangsa sendiri :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *