Menikmati Air Guraka di Pantai Sulamadaha

Setiap daerah di Indonesia pasti punya minuman khas yang biasa dinikmati oleh masyarakat lokal. Entah itu minuman hangat atau minuman dingin. Di Kota Ternate yang saya kunjungi kemarin *cieeee*, juga punya minuman khasnya yaitu Air Guraka. Sekilas terdengar seperti durhaka, tapi bukan begitu. Air Guraka itu minuman hangat yang terbuat dari rebusan jahe, gula aren dan taburan kacang kenari. Ya gak beda jauhlah sama sara’ba yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Maluku, Wedang jahe di Jawa atau bandrek di Jawa Barat.

Air Guraka *abaikan yicam-nya*

Air Guraka ini lebih nikmat jika diminum dalam keadaan hangat, apalagi malam hari. Eh tapi sah-sah saja sih jika ingin diminum ketika pagi hari….hehehe. Tapi katanya lebih nikmat lagi jika dicampur dengan susu kental manis. Saya sendiri pernah coba, ternyata memang betul, rasa manis dari gula aren yang dicampur dengan susu kental manis terasa nikmat, campurannya itu kayaknya pas gitu, gak bikin eneg.

Air guraka ini menjadi primadona masyarakat Maluku Utara saat bersantai di sore hari. Sama seperti kita yang berada di Pulau Jawa yang biasa menyantap pisang goreng dan ditemani segelas kopi/teh hangat.

Untuk menemani air guraka ini, biasanya disajikan penganan pisang mulu’ bebek, kacang goreng + teri goreng. Lha, kok namanya pisang mulu’ bebek? soalnya bentuk pisangnya kayak moncongnya mulut bebek gitu, kata penjualnya sih. Selain itu, pisang ini katanya juga khas Maluku, jadi gak ada di provinsi lainnya. Nah, makan pisang mulu’ bebek ini pake sambal dabu-dabu yang diuleg, sambal roa atau sambal terasi. Pisang yang digoreng garing gurih dipadukan dengan sambal yang pedas merupakan perpaduan yang pas, jadi gak bikin sadar kalo udah abis 3 porsi *eh*

Pisang Mulu’ Bebek beserta cocolannya

Pisang Mulu’ Bebek ini memiliki bentuk hampir mirip sama keripik pisang, ya 11-12 lah. Bentuknya yang tipis serta garing, empuk nan renyah inilah yang membuat saya ketagihan.

Saya pun menjadi fans berat dari makanan dan minuman satu ini. Memang, dari bahan pembuatannya kita pun bisa membuat sendiri di rumah. Tapi ya kurang afdol lah kalo gak ke Ternate langsung, minum air guraka, makan pisang mulu’ bebek sambil melihat deburan ombak di pantai Sulamadaha, ya kalo bisa sih ya sama pasangan *uhuk*.

2 Replies to “Menikmati Air Guraka di Pantai Sulamadaha”

    1. woooo….helaaasss. kamu bisa lah bikin sendiri. beli keripik pisang yang kualitas bagus, terus dimakan sama cocolan sambal terasi sachetan. apa kudu tak tulis resepnya? hahaha

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.