Napak Tilas 512 km

Sehari di Kota Madiun untuk mengikuti kegiatan Pak Kapolda Anton Setiadji dalam rangka pembukaan Napak Tilas perjuangan pahlawan nasional M. Jasin. Napak Tilas ini merupakan bentuk penghormatan kepada Komjen Polisi (Purn) Dr H Mohammad Jasin karena telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional sesuai Keppres Nomor 116/TK/2015 tertanggal 4 Nopember 2015. Napak TilasĀ yang dimulai dari Madiun hingga berakhir di Surabaya. Rute ini memiliki sejarah tersendiri karena di rute tersebutlah M. Jasin bertugas saat terlibat perang kemerdekaan di Jawa Timur.

Komjen Pol (purn) H.Moehammad Jasin

Sedikit cerita tentang M. Jasin, beliau merupakan komandan pertama Mobiele Brigade atau kita kenal dengan nama Brigade Mobil (Brimob). Pada 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi Muhammad Yasin, Komandan Polisi Istimewa Surabaya, menyatakan bahwa Polisi Istimewa Surabaya menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia dan segera melakukan tindakan-tindakan untuk mempertahankan kemerdekaan RI. Selain itu, beliau pula yang membantu Bung Tomo berjuang di Surabaya dengan senjata hasil rampasan M. Jasin dari pihak Jepang.

Berdasarkan data dari teman NTMC Polri, seharusnya peserta Napak Tilas sudah melewati kota Pandaan dan selanjutnya menuju Sidoarjo.

Jadwal Kedatangan dan Pelepasan Napak Tilas. *maaf, gambar agak kurang bagus, maklum gambar nyomot :p*

Perjalanan yang dimulai dari Alun-alun Madiun dan akan berakhir di Polrestabes Surabaya ini berjarak sekitar 512 km dan ditempuh dalam waktu 4 hari. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati perjuangan Komjen Pol HM Jasin yang dengan gagah berani melawan penjajah sejak dari Madiun hingga Surabaya. Peserta sendiri pun nampak santai dan semangat dalam melakukan perjalanan ini. Hal ini terlihat dari beberapa foto di Instagram dengan hashtag #NapakTilas.

https://www.instagram.com/p/BAvvKnPDhUF

https://www.instagram.com/p/BAtC6oNInhz

Bendera merah putih, Lambang Tribrata, Lambang Brimob, dan Dokumen diterima Bupati Blitar. #brimob #napaktilas

A post shared by D O N N Y (@donnyharistianto) on

Selanjutnya tinggal menunggu kedatangan peserta Napak Tilas di kota Sidoarjo dan berakhir di Polrestabes Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *