nonton film “gratis” dengan Popcorn Time.

Menonton film adalah salah satu hiburan yang disukai banyak orang, tak terkecuali saya. Orang jika mau menonton film, biasanya pergi ke bioskop atau membeli dvd, baik itu asli maupun bajakan. selain ke bioskop, masyarakat modern juga disuguhi layanan penyedia film berbasis streaming, sebut saja Itunes, Netflix, Google Play Movies, Amazon, Hulu Plus, HBO GO, BBC dan untuk lokal, ada UseeTV, Indihome, MNC Play dan First Media . Situs penyedia jasa film/video berbasis streaming berbayar tersebut tentu saja legal sehingga yang menonton pun merasa nyaman. Dengan tampilan yang user friendly dan harga yang cukup terjangkau (bagi yang mampu) para penyedia film berbasis streaming bisa menarik minat para penikmat film tanpa harus bersusah payah pergi untuk membeli dvd lagi.

Namun di satu sisi, industri perfilman streaming ini (sebut saja demikian) bukan berarti tidak memiliki musuh. Layaknya dua sisi koin, dimana ada yang legal, pasti ada yang ilegal. Untuk yang legal, sudah disebutkan di atas tadi yha, kalau yang ilegal, ada satu situs populer yang juga menyediakan film berbasis streaming dengan gratis, iya, gratis. Namanya Popcorn Time. Dari namanya aja udah keliatan, kalo ini memang situs penyedia film. Popcorn Time adalah aplikasi penyedia layanan video/film berbasis streaming yang menawarkan film dan serial file-file torrent berkualitas HD, 720p, hingga 1080p dengan jumlah katalog yang lumayan besar dan gratis.

Popcorn Time memiliki slogan di situsnya, “Watch torrent movies instantly”. dan, mereka juga berani mengklaim bahwa “This Popcorn Time service will never be taken down. Download and enjoy.”

Tampilan Popcorn Time di Windows 10

Popcorn Time tersedia untuk Android, Mac OS, Windows, iOS dan Linux. Popcorn Time memiliki UI layaknya penyedia film streaming profesional. Tampilannya bersih, User Friendly, dan tak ada iklan layaknya aplikasi gratis lainnya. Popcorn Time memiliki beberapa kelebihan yang membuat saya memilih ini:

  • 100% Gratis – tidak ada biaya yang dibebankan dalam mengunduh film apapun. Bisa digunakan dimana saja, termasuk smartphonemu. Kecuali bayar tagihan internetnya sih.
  • Tidak Ada Iklan Komersial – Sampai saat ini, aplikasi yang saya gunakan belum ada iklan obat kuat atau peninggi dan pelangsing badan yang mengganggu.
  • Gampang dipake – Karena aplikasi ini berbasis web, jadi gak butuh browser buat ngeliat film. cukup buka aplikasinya, kita sudah bisa memilih film yang mau ditonton berkat navigasi yang user friendly.
  • Filmnya udah HD – Film yang disediakan pun juga HD semua, ya gak semua sih. Tapi rata-rata film yang udah ditonton HD kok.
  • Filmnya numpang sama Torrent – karena aplikasi ini berbasis torrent, sehingga film yang disediakan dihadirkan secara streaming. Kalo kayak gini, ya kuat kuatan kecepatan internet aja.

Film “The Wolf Of Wall Street” di Popcorn Time.

Popcorn Time ini dimulai di oleh sekelompok orang di Buenos Aires, Argentina yang percaya bahwa pembajakan adalah sebuah permasalahan yang dihasilkan oleh industri yang menganggap bahwa inovasi adalah ancaman bagi mereka. Bagi mereka, inovasi yang dikekang oleh industri besar akan berarti besar bagi inovasi lainnya, sehingga akan tetap jalan di tempat, tidak berkembang, karena itu itu saja yang diperlihatkan ke masyarakat. Tetapi, mengingat Popcorn Time bersifat Open Source, artinya tidak dimiliki oleh segelintir orang saja, namun dimiliki oleh banyak orang yang ikut mengembangkan, sehingga sulit untuk ditutup keberadaannya. Malah, akan bertambah besar nantinya. Makna People Power sangat terasa disini. Sesuai tulisan di situsnya, “This Popcorn Time service will never be taken down. Download and enjoy.

Banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi Popcorn Time. Katalog film yang cukup banyak, mulai dari film jadul tahun 30an hingga film terbaru. Ada juga TV Series dan anime series. Jika film yang ingin kamu tonton tidak ada di dalam katalog tersebut, kamu bisa mencari file torrent atau magnet link film yang kamu inginkan, kemudian tinggal drag and drop ke aplikasi Popcorn time. Dan kalau subtitle filmnya gak cocok, kamu bisa menggunakan menu custom untuk mengambil file subtitle yang sebelumnya telah kamu unduh. Selain itu, file-file yang diunduh oleh Popcorn Time dalam bentuk cache akan terhapus dengan sendirinya setelah kita menutup aplikasi tersebut, tentu saja itu ada dalam pengaturan aplikasinya. Keren kan? jadi gak menuh menuhin storage Hard Disk lagi…hehehe.

Cuman kekurangan dari popcorn time adalah aplikasi ini membutuhkan koneksi internet yang cukup untuk me-load file-file torrent tersebut, ya minimal butuh koneksi 1 Megabit/second lah…*kalau gak salah*

Tetapi ingat, menonton lewat Popcorn Time adalah ilegal. Tanggung jawab berada di masing-masing pengguna aplikasi. Meskipun pengembang aplikasi mengatakan bahwa Popcorn Time bekerja layaknya mesin pencari untuk menemukan konten yang sudah tersedia di internet, namun aplikasi Popcorn Time juga mendorong pengguna aplikasi untuk mencari konten bajakan sehingga pengguna juga ikut bertanggung jawab karena turut serta menyebarkan konten tanpa izin. Jangan lupa untuk menggunakan layanan VPN ketika menggunakan aplikasi Popcorn Time ini, baik di desktop maupun di device yang kamu gunakan. Banyak kok layanan VPN yang memberikan masa aktif seumur hidup dan bisa dipakai hingga 5 device, tapi ya belinya di luar…hehehe :p

Bagi saya, Popcorn Time adalah Netflix edisi alternatif dengan tampilan yang lebih profesional, bersih dan tentu saja tanpa iklan. Mungkin keberadaan Popcorn Time ini bisa jadi pembelajaran bagi kita. Ketika sudah bisa membuat layanan penyedia konten, jangan terburu-buru dijadikan monetize. Persiapkan konsepnya dengan matang, sehingga di kemudian waktu siap untuk menerima yang lebih besar.

Oh iya, untuk mengunduh Popcorn Time, manteman bisa mencari Popcorn Time Community Edition disini ยป http://popcorntime.ag/.

5 comments

  1. Saad says:

    Baru tahu kalau ada aplikasi seperti ini.

    Btw, blognya asik, om. Gini dong, apdet terus. Nggak kayak dulu. :p

    • halodito says:

      eh, ada cak saad. Iya, ini aplikasinya asik. tapi untuk sementara, bisa pake yang versi terdahulu. kalau mau pake di Android, kudu punya akun vpn.

      hehehe…iya, inipun gara-gara manteman lain. makasih..

  2. diorasning says:

    jadi pada intinya mendukung film bajakan gitu?

  3. soepolenk says:

    ini blog sesat dan ilegal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *