Emil Dardak

Cangkruk Bersama Wagub Emil Dardak

masdito.id,- Cangkruk Bersama Wagub Emil Dardak. Minggu 26 Desember 2020 tahun lalu di Frangipani Resto Surabaya, saya bersama kawan-kawan content creator lainnya bertemu dengan mas Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur. Pertemuan kali ini dalam rangka ramah tamah, tidak ada agenda serius yang dibahas. Mas Emil memberi kesempatan kepada kawan-kawan untuk menyampaikan uneg-uneg terutama terkait dengan masa pandemi ini.

Emil Dardak
Wagub Emil Dardak saat berdiskusi dengan teman-teman content creator

Banyak sekali yang dibahas dalam pertemuan kali ini. Mulai dari vaksin, hingga pembelajaran di rumah. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.

Opini Emil Dardak

Acara dimulai dengan pak wagub memberikan kesempatan bagi teman-teman untuk bertanya, karena acaranya memang santai, tidak ada pembukaan atau apapun, lebih tepatnya adalah diskusi bersama.

Menurut Mas Emil, dengan adanya pandemi seperti sekarang ini bukan berarti kita menyerah pada keadaan. Justru kita harus semakin kreatif dalam menyikapi tantangan seperti ini. Tantangan seperti ini akan terus ada seiring berjalannya waktu.

Contohnya dalam pendidikan. Biasanya berada di kelas, bertemu dengan teman sekelas, tetapi saat ini hanya berada di rumah, menatap layar laptop/HP untuk mengikuti kelas online, sendirian. Saat inilah para guru dan orang dituntut untuk berpikir lebih aktif bagaimana caranya agar pelajaran tidak tertinggal dan murid/anak tetap bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Salah satu contoh yang diberikan oleh mas Emil yaitu ketika beliau bersekolah di Singapura. Saat itu pemerintah Singapura telah mengenalkan system e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Sistem yang sangat sesuai digunakan dalam masa pandemik ini.

Selain itu, mas Emil juga menambahkan bahwa pemprov telah membangun banyak fasilitas untuk membantu masyarakat dalam bertahan di tengah pandemi ini, yaitu:

KIPIN – Kios Pintar

KIPIN ialah sebuah Kios Pintar Digital yang berbentuk seperti mesin ATM berisi RIBUAN Buku Pelajaran Sekolah (Kemendikbud), Video Pembelajaran (Kurikulum 13), Latihan Soal Tryout (berbasis UNBK) dan Komik Literasi untuk jenjang SD, SMP, SMA & SMK. Semua data sudah ada didalam sehingga operasi mesin ini TIDAK MEMBUTUHKAN jalur internet, bisa dipakai dimana saja, hanya membutuhkan jalur listrik saja.

EJSC – East Java Super Corridor

EJSC adalah sebuah wadah untuk anak-anak muda, umkm dan masyarakat umum untuk mendukung perekonomian berbasis kerakyatan dan digital. Di EJSC tersedia berbagai macam layanan seperti tempat perizinan terpadu, co-working space, ruang rapat, science technopark, cafetaria, command center, ruang staf, ruang pelatihan serta musala dan toilet. Rencananya EJSC akan dibangun di area kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) di antaranya di Jember, Malang, Madiun, Bojonegoro dan Pamekasan Madura.

MJC – Millenial Job Center

Tak kalah menarik dengan EJSC, MJC yang rencana juga menjadi satu tempat dengan EJSC bisa menjadi jujugan para pencari kerja. Selain itu, MJC juga menjadi program pemberdayaan anak muda atau generasi millenial yang punya potensi besar di bidang perekonomian. Program ini menjembatani mereka dengan mentor berpengalaman.

Menurut mas Emil, MJC bisa menyiapkan talent, mentor, sekaligus mempertemukan talent dengan klien, supaya mereka siap menyambut gig economy global.

Dengan beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Pemprov dalam menghadapi pandemi ini, kiranya kita bisa mengambil kesempatan semaksimal mungkin agar kedepannya bisa menjadi lebih baik.

Memang, masa pandemi ini mendorong kita untuk lebih kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah yang ada. Mas Emil juga memberikan semangat agar terus optimis demi kehidupan yang lebih baik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: